Blogger Widgets
Nasikin Sani official weblog | Members area : Register | Sign in

Solusi Buat PC ato Laptop yg Restart waktu digunakan

Sabtu, 22 Oktober 2011

Share this history on :
untuk tulisan kali ini saya akan mencoba membahas penyebab komputer restart sendiri ketika komputer menyala atau ketika komputer kita sedang digunakan, jadi tidak pada saat booting.
Banyak penyebab komputer restart pada saat menyala sehingga perlu saya bahas pada postingan kali ini dan pembahasan tentang komputer restart sendiri ini menjadi andalan saya, langsung saja ya ke inti permasalahan.
Penyebab Komputer Restart ketika komputer menyala
  1. Karena processor komputer kita terlalu panas, bila kita menggunakan motherboard jaman dulu mungkin tidak akan ada fitur auto restart bila processor terlalu panas, tapi dengan kemajuan teknologi, sekarang ini motherboard dirancang untuk merestart sendiri jika processor terlalu panas.
  2. Kipas processor yang kendor, sehingga kurang menyuplai udara dingin ke heatshink (pendingin processor, chipset, VGA card, dll.) dan karena kurang udara dingin ke processor maka otomatis processor akan menjadi panas, dan jika terlalu panas maka motherboard akan memaksa system untuk merestart sendiri, untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal (processor jebol).
  3. Terlalu banyak bad sector pada harddisk, sehingga akan membuat processor bekerja ekstra untuk membaca data dalam harddisk, sehingga seperti di atas penyebabnya yakni processor menjadi panas.
  4. Terjadi konsleting pada komputer anda, hal ini bisa berakibat fatal bukan saja untuk processor tetapi hampir keseluruhan CPU (Central Processing Unit), saya masukan penyebab ini karena saya pernah mencobanya (hehehe).
  5. Thermal Paste (cairan penghantar panas untuk processor) sudah kering, sehingga tidak optimal menghantarkan udara dingin dari kipas ke processor.
Cara menanggulangi komputer yang restart di tengah-tengah
  1. untuk penyebab ke-1 dan ke-2, cara penanggulangannya yakni dengan cara membersihkan kipas atau membetulkan kipas sehingga pas dengan motherboard (kaki kipas tidak ada yang longgar), atau kalau susah juga, ada alternatif lain, yakni membeli kipas yang baru.
  2. cara menanggulangi penyebab ketiga adalah dengan memperbaiki harddisk dari bad sector, anda bisa baca artikel ini untuk membenarkan harddisk yang terdapat bad sectornya. Namun bila harddisk sudah terlalu banyak bad sectornya sehingga tidak bisa diperbaiki lagi, maka harus membeli harddisk yang baru.
  3. Penyebab ke-4 sudah tidak perlu dijawab lagi, kalau terjadi konsleting ya tentu hampir pasti aliran listrik pun akan mati.
  4. sedangkan untuk penyebab ke-5, sebaiknya anda beli termal paste dan ganti termal pasti yang masih melekat pada pendingin dengan termal paste tersebut
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...
 
;